Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan yang sebenarnya tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deduktif, artinya data yang diperoleh di lapangan secara umum kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat khusus. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, yaitu sebagai Fasilitator, motivator, inspirator, mediator dan evaluator, terhadap kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an peserta didik kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pinrang. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil wawancara Guru Pendidikan Agama Islam dengan membandingkan angket yang dibagikan kepada 24 peserta didik, meskipun belum sepenuhnya peserta didik mengatakan Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pinrang sebagai Fasilitator, motivator, inspirator, mediator dan evaluator dalam proses pembelajaran. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pinrang berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 80. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil analisis tes kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an Peserta didik.