Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar

  • Darmawansah Ibrahim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
Keywords: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan jaminan serta empati terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk diberikan kepada konsumen pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar, sebanyak 100 sampel dari sebagian populasi yang ada. Pembagian kuisioner dilakukan dari tanggal 01 Februari s.d 26 Juni 2022 yang disepakati bersama oleh pihak PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Data ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 16. Hasil penelitian dan pengujian menenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar, dapat disimpulkan bahwa : Bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara bersama-sama dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun jika secara sendiri – sendiri, maka bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen kecuali empati. Empati tetap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Published
2022-06-21
Section
Articles