Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mie Sedaap

  • Pandi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Ilmu Sosial Dan Bisnis Andi Sapada
Keywords: Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Kulitas Produk Terhadap Kepuasaan Pelanggan Produk Mie Sedaap di Kota Parepare. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi linear berganda. Dimana metode pengumpulan data melalui Obsevasi, Kusioner, dan Wawancara. Sampel ditentukan dengan rumus Roscoe dan didapat sebanyak 90 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh citra merek (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) Mie Sedaap di Kota Parepare. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistic F hitung sebesar 5,278 lebih besar dari nilai F tabel 3,100 dan nilai signifikansi 0,007 lebih kecil dari 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Citra Merek dan Kualitas Produk (secara simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (Kepuasan Pelanggan). Kontribusi atau determinasi yang di berikan oleh variabel Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan adalah D = (0,568)2 x 100% = 56,8% artinya kedua variabel bebas memberikan kontribusi pengaruh sebesar 56,8% terhadap kepuasan pelanggan, 43,2 dipengaaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian

Published
2021-10-01
Section
Articles