Strategi Pemasaran Hubungannya Dengan Keputusan Pembelian Konsumen

  • Nurfadhillah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Parepare
  • Bakhtiar Tijjang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Lili Rahmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
Keywords: Keputusan Pembelian; Citra; Harga; Tempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa seberapa besar analisis keputusan pembelian terhadap citra perusahaan, harga, dan tempat pada Apotek Malabo Parepare. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. untuk pengambilan sampel menggunakan pendekatan Roscoe dengan jumlah sampel yang diambil adalah 60 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data regresi linear berganda, yang di operasikan melalui SPSS.23. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana hasil regresi linear berganda diperoleh Y = 0,408 + 0,799(X1) + 0,052(X2) + 0,255(X3) + e. selain itu, dengan uji F (simultan) dapat dilihat bahwa citra perusahaan, harga dan tempat memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05. Namun berdasarkan uji t (parsial), dari semua variabel independen hanya variabel citra perusahaan (X1) = 6,466 dan variabel tempat (X3) = 2,961 yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel harga (X2) = 0,659 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published
2022-01-31
Section
Articles