Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT JNE Express Cabang Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Relationship Marketing dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT JNE Express cabang Makassar baik secara simultan maupun parsial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner yang telah dibagikan kepada responden. populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan PT JNE Express cabang Makassar yang berjumlah 110 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu tehnik penentuan sample berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan variabel Relationship Marketing dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.